7 Cara Agar Powerbank Tetap Awet dan Tahan Lama

Powerbank saat ini sudah menjadi barang yang umum di kalangan pengguna smartphone. Bagaimana tidak, karna ponsel pintar yang satu ini bisa dibilang boros baterai jika dibandingkan ponsel jadul yang bisa tahan tanpa di charge selama berhari-hari. Kebutuhan powerbank akan sangat penting bagi sobat yang gemar melakukan perjalanan atau traveling yang sering berada jauh dari listrik PLN.

Karena powerbank yang sejatinya juga merupakan barang elektronik yang pasti juga punya usia atau daya tahan, maka butuh beberapa perlakuan agar powerbank atau PB sobat dapat tahan lama dan baterainya tidak mudah soak. Untuk itu, silahkan sobat simak tips dibawah ini agar powerbank sobat awet dan tidak gampang rusak.

7 Cara Agar Powerbank Tetap Awet dan Tahan Lama


1. Selalu pantau lampu indikator
Umumnya powerbank jaman sekarang dilengkapi lampu indikator untuk memantau sisa daya pada powerbank yang tersisa. selalu pantau agar baterai powerbank tidak sampai drop dan segera isi ulang.

2. Charge powerbank dengan adaptop asli
Usahakan sobat mencharge powerbank sobat dengan adaptor ori bawaan dari powerbank yang sobat beli. Jika powerbank sobat tidak menyertakan adaptor, gunakan adaptor yang berkualitas atau juga bisa menggunakan adaptor bawaan ponsel sobat yang umumnya memiliki ampere antara 1-2A.

3. Jangan sampai basahhh
Air atau cairan dapat merusak komponen powerbank karna korselt, jadi semaksimal mungkin jangan sampai powerbank sobat terkena air ataupun uap air. Jika sudah terlanjur bazah, keringkan dahulu sampai benar-benar kering baru sobat pakai kembali.

Baca juga : PC Game Paling Mahal Didunia 2018 (405 Juta!)

4. Jangan digunakan saat di charge
Sangat penting untuk tidak menghubungkan jenis perangkat apa pun saat powerbank sedang diisi atau dicas, karna dapat menyebabkan powerbank menjadi terlalu panas atau dapat menyebabkan baterai pada powerbank panas dan bisa saja meledak.

5. Jangan kelebihan saat mencharge
Jangan pernah mengisi power bank semalaman atau overcharged. Hal ini dapat menyebabkan powerbank menjadi terlalu panas dan baterai kejang-kejang karna kekenyangan sob.

Jika powerbank sobat tidak akan digunakan untuk waktu yang lama, cas setidaknya satu bulan sekali sampai penuh agar PB tidak rusak.

Baca juga : Cara Menjalankan Aplikasi Android di Google Chrome dengan Mudah

6. Jangan sampai jatuh
Karna powerbank terdiri dari berbagai komponen yang dijadikan satu, maka usahakan jangan sampai terjatuh untuk menghindari ada bagian yang rontok, terlepas atau patah sob.

7. Jangan dibongkar
Jangan membuka atau membongkar powerbank hanya karna penasaran isinya atau mengubah sesuatu di dalamnya jika tidak rusak atau bermasalah karna bisa saja akan ada komponen atau kabel yang terputus saat proses pembongkaran sobat.

Itulah beberapa tip yang dapat sobat gunakan agar powerbank sobat tetap awet dan tahan lama. Ingat sob, alat apapun tidak akan awet jika penggunanya asal-asalan. Waspadalah waspadalah..

Share this with short URL:

Artikel Menarik Lainnya:

Newest Post
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser
Newest Post