3 Cara Download Video Instagram di Android Paling Lengkap

Mungkin tidak jarang jika sobat menemukan video menarik yang ada di Instagram, namun bagaimana jika sobat ingin mendownload dan melihatnya di waktu luang? Jika menggunakan screenshot pastinya bukan lagi video yang bakalan sobat dapat, tapi hanya cuplikan berupa gambar.

Untuk itulah disini admin akan share 3 cara mudah untuk mendownload video di Instagram dari cara yang paling manual sampai yang membutuhkan aplikasi. Lantas bedanya apa? Untuk hasil video sih tidak ada bedanya, hanya metode untuk download saja yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak dibawah ini.

3 Cara Mudah Download Video di Instagram


1. Download video di Instagram melalui File Manager

Jika sobat memiliki smartphone Android, sobat sebernarnya tidak perlu menggunakan situs web download atau aplikasi pihak ketiga lagi sob. Setiap video Instagram yang sobat tonton atau putar sebelumnya sebernarnya sudah disimpan ke ponsel sobat sendiri berupa file Cache.

Baca juga : Cara Potong Lagu Untuk Ringtone Android dengan Mudah

Untuk menemukan videonya, gunakan File Manager bawaan ponsel sobat atau juga bisa menggunakan Es Explorer, dll untuk masuk ke folder Data > com.instagram.android > Cache > Videos . Ubah ekstensi salah satu file yang ada menjadi .MP4, dan tara.. sobat sobat bisa mendapat video yang sobat putar sebelumnya lalu silahkan copy.


Video tersebut akan tampil dalam urutan terbalik; yang terakhir sobat tonton akan berada di atas direktori atau folder cache.

2.  Download video di Instagram melalui Video Downloader for Instagram

Jika menggunakan dengan manajer file terasa terlalu banyak usaha dan ribet, sobat dapat menemukan banyak aplikasi khusus untuk download video Instagram di Google Play Store.


Salah satu downloader yang paling populer adalah Video Downloader for Instagram. Aplikasi ini memungkinkan sobat mendownload atau memposting ulang video dari Instagram sobat. video yang terdownload akan ditambahkan secara otomatis ke aplikasi Galeri ponsel sobat.

Download: Video Downloader for Instagram

3. Download video di Instagram melalui IFTTT

Apa sobat ingin mendownload semua video Instagram sobat? Atau mungkin semua video Instagram yang sobat suka? Jika iya, sobat bisa menggunakan trik ini.

Baca juga : Cara Alternatif Mengatur LED Notifikasi Android

Untuk mlakukan trik ini, sobat perlu akun IFTTT, akun Instagram, dan akun Dropbox.


Hasil adalah proses download akan dilakukan otomatis dimana video IG yang sobat tambahkan akan didownload secara otomatis lalu disimpan ke folder Dropbox sobat. Setelah itu, sobat bisa mendownloadnya melalui dropbox sobat.

Oh iya, yang terahir adalah jangan lupa dengan hak cipta atau copyright ya sob. Karna mungkin ada beberapa konten video yang mungkin memiliki hak cipta dari si pembuat video, sehingga sobat harus bijak dalam mengshare video yang telah sobat download. Kalau mau ditonton sendiri sih sepertinya tidak masalah.

Artikel Menarik Lainnya: