Beda Clear Cache dan Clear Data Beserta Fungsinya

Siapa saja yang pernah mengalami eror pada aplikasi atau perangkat lunak di Android pastinya pernah melakukan yang namanya "Clear Cache" atau "Clear Data". Yap, karena kedua solusi ini sering dianggap sebagai obat sakti untuk Android yang ngadat. Tapi, apa perbedaan antara dua trik yang tampaknya hampir serupa tapi tal sama ini? Oke, mari kita bahas pengertian, dan bagaimana serta kapan menggunakannya.

Index Trik :

Apa itu clear cache aplikasi?

Cache adalah tempat penyimpanan sementara sebuah software atau aplikasi yang menyimpan beberapa jenis data tertentu. Tujuannya sendiri adalah untuk mempercepat dan memperlancar perangkat sobat dalam bekerja dan mengurangi beberapa banyak data yang diproses dan dikonsumsi.

Sebagai contoh, setelah me-restart ponsel sobat, pernahkah sobat memperhatikan seberapa lambat aplikasi kamera sobat dibuka pada awalnya, sedangkan setelah dibuka untuk selanjutnya jadi lebih cepat? Kenaikan kecepatan setelah awal membuka sebuah aplikasi disebabkan data cache ini. Tidak jauh beda saat sobat membuka suatu situs web yang juga akan memuat laman lebih cepat pada kunjungan kedua. Sekali lagi, hal ini terjadi karena file seperti gambar telah tersimpan di cache.

Sebernanya clear cache tidak perlu dilakukan secara manual karena sistem manajemen Android sendiri sudah otomatis melakukannya. Namun, jika sebuah aplikasi mulai bermasalah atau berhenti bekerja, sobat mungkin dapat melakukan langkah ini secara manual. Caranya yaitu


Masuk ke Settings => Storage => Cached data lalu pilih Delete



Apa arti clear data aplikasi?

Clear data aplikasi adalah langkah yang lebih beresiko karena menghilangkan data dan pengaturan aplikasi yang tersimpan.

Clear data aplikasi membuat aplikasi kembali ke status default atau seperti di reset, hal ini membuat aplikasi sobat berfungsi seperti saat pertama kali sobat mendownload dan menginstalnya. Misalnya, sobat melakukan clear data pada aplikasi WA atau BBM, hal tersebut akan menghilangkan pesan chat dan gambar yang telah masuk ke ponsel sobat beserta pengaturan lainya dan sobat perlu login kembali untuk bisa chatingan lagi.


Melakukan clear cache tidak akan mempengaruhi pengaturan tersimpan ini. Sedangkan clear
data akan menghilangkan pengaturan yang tersimpan di aplikasi.


Kapan harus diterapkan?

Ada beberapa situasi di mana sobat mungkin perlu clear data atau clear cache aplikasi.

Pertama, untuk menghemat ruang penyimpanan. Beberapa aplikasi dapat menyimpan data sampai ratusan MB yang tidak sobat perlukan lagi (aplikasi podcast biasanya sering nyampah). Dalam kasus ini, sobat mungkin perlu menghapus datanya.

Yang lain, dan yang lebih umum, alasannya adalah untuk me-reset sebuah aplikasi ke keadaan default jika telah mengalami masalah, nge-bug atau sering force closed.

Baca juga:
Trik Mencari HP dengan Siulan, Tepukan dan Suara

Bagaimana cara menghapus data aplikasi atau cache?

Admin sarankan melakukan pembersihan cache preventif dari waktu ke waktu, dan ketika sobat melakukannya, lakukanlah atau sortir dari daftar aplikasi dengan data terbanyak.

Untuk melakukan trik ini yaitu:

1. Buka Menu Settings

2. Klik Apps atau Installed Apps

3. Pilih tab All (jika sistem sobat tidak menampilkan semua aplikasi secara default)

4. Pilih aplikasi yang menghabiskan banyak memori (Agar lebih mudah sortir dengan 'Sort by size')

5. Klik tombol Clear Cache. Jika sobat menjalankan Android 6.0 Marshmallow atau yang lebih baru, sobat hnya perlu mengklik Storage lalu Clear Cache .

6. Untuk menghapus data aplikasi 'bukan cache', cukup pilih Clear Data

7. Hapus setiap cache aplikasi secara terpisah


Namun, ini hanya berfungsi untuk membersihkan satu aplikasi. Untuk membersihkan cache setiap aplikasi secara bersamaan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka Settings
Klik Storage => Cached data lalu pilih Delete

Katanya dapat meningkatkan performa?

Cache pada dasarnya adalah area penyimpanan dimana data atau proses yang sering digunakan disimpan untuk akses yang lebih cepat di lain waktu. Pada akhirnya, cache sebenarnya menghemat waktu karena data yang akan segera diakses sudah disediakan di data cache. Yang terkadang data tersebut juga sering kali memakan ruang memori sobat.

Baca juga :
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dan Bloatware

Jadi, membersihkan cache apps sobat saat ponsel sobat sering lemot atau memori sudah penuh bisa jedi pilihan terbaik dalam jangka pendek, namun bisa berakibat buruk dalam jangka panjang, karena itulah sebaiknya sobat tidak melakukannya terlalu sering.

Kesimpulan

Tidak ada pilihan yang "lebih baik" atau " lebih buruk" ketika harus membersihkan data cache dan kliring aplikasi. Kedua proses itu memiliki tujuan tersendiri.

Langkah pertama sobat untuk memperbaiki aplikasi bermasalah seharusnya membersihkan/clear cache, karena ini adalah metode yang paling tidak beresiko untuk memperbaiki aplikasi yang eror dengan cepat. Dan jika gagal, atau jika sobat ingin melegakan ruang penyimpanan yang lebih besar, lakukan Clear Data. Ingat! Apa pun yang tersimpan atau disimpan di aplikasi, termasuk file audio, video, pengaturan atau gambar, juga akan ikut dihapus.

Oh iya sob, terkadang clear cache juga bisa digunakan untuk Mengatasi Iklan Tidak Muncul pada Game juga loh..

Artikel Menarik Lainnya: