Cara Sembunyikan Foto dan Video di Android dengan Aplikasi Bawaan

Privasi merupakan hal yang sangat penting jika ponsel sobat sering dipinjam oleh teman atau terlebih lagi keluarga. Kebayang kan jika ponsel sobat berisi foto atau video 'ena-ena' dan tidak sengaja ketahuan sama nyokap pas lagi dipinjam? Bisa panjang urusannya sob..

Cara menyembunyikan file, video dan gambar sendiri sangatlah simpel. Sobat hanya perlu menggunakan file explorer bawaan ponsel sobat lalu memberikan beberapa kode untuk menyembunyikannya. Jadi untuk lebih aman, jangan hanya meletakan file didalam puluhan folder untuk 'menyembunyikan' miyabi ya sob, coz kalau dibuka melalui galeri masih kelihatan.

Baca juga :

Cara menyembunyikan file, foto dan video di Android

1. Buka file explorer atau manajer file pada ponsel sobat

2. Buat folder baru atau rename folder lama dan beri nama  .hidden



3. Buka folder .hidden lalu buat file teks kosong dan ganti nama menjadi .nomedia




4. Pindahkan foto atau video atau file yang ingin sobat sembunyikan ke folder .hidden

5. Periksa apakah trik ini berhasil menyembunyikan foto/video di galeri sobat

Silahkan dicoba ya sob, tapi kalau bisa jangan untuk menyembunyikan foto atau video yang hot ya sob. Dosa ditanggung sendiri loh ya..

Oh iya, sebenarnya beberapa produsen smartphone menyediakan aplikasi tambahan yang bisa mengenkripsi file di Android. Namun, sobat harus memperlakukan ini dengan hati-hati karena membawa beberapa risiko. Sebagai contoh:
  • Sobat bisa saja melupakan kata sandinya
  • Aplikasi mungkin tidak tersedia di masa mendatang, jadi file sobat tidak dapat didekripsi lagi
Selain itu, sudah ada enkripsi wajib yang ada, karena sejak Android 5.0, yang digunakan pada sebagian besar smartphone yang diluncurkan sejak 2014, perangkat Android benar-benar dienkripsi; tidak ada yang bisa mengakses data sobat sebelum sobat membuka kunci smartphone dengan catatan jika fitur ini diaktifkan. untuk triknya sendiri mungkin akan admin post dilain kesempatan.

Sedangkan untuk menyembunyikan file atau folder untuk komputer sendiri sobat dapat membaca artikel Cara Menyembunyikan Folder (Super Aman) untuk OS Windows ya sob.

Artikel Menarik Lainnya: