9 Trik Nova Launcher Terbaru 2018

Nova Launcher merupakan salah satu launcher yang Android yang sangat populer bagi para sobat yang bosan dengan launcher bawaan. Dengan banyak fitur pada Nova Launcher, sobat dapat mengcustom dan menyesuaikan ponsel sesuai dengan kebutuhan sobat entah untuk mempermudah dalam mebuka suatu aplikasi atau bahkan untuk membingunkan orang yang sudak pinjam ponsel sobat.

Mengingat banyaknya fitur yang disertakan pada launcher ini, mungkin saja sobat melewatkan beberapa fitur keren yang ada. Untuk itu, disini kita akan membahas 9 trik Nova Launcher yang penting untuk sobat ketahui.


9 Trik Nova Launcher Terbaru 2018

1. Sembunyikan Ikon (Hidden Icon)

Trik ini digunakan untuk mempermudah sobat mengakses semua aplikasi sobat yang paling sering digunakan dengan cepat tanpa memenuhi home screen. sobat dapat membuat folder aplikasi yang tersembunyi dan hanya memunculkan ikon pilihan sobat. Ketika ditekan, ikon akan membuka aplikasi pertama, tetapi ketika sobat menggesek atau swipe ke atas, maka akan membuka folder dan menampilkan berbagai aplikasi terkait yang telah sobat atur.

Misalnya untuk folder musik, jadi ketika saya menekan ikon musik (headphone), maka aplikasi Deezer yang terbuka, tetapi ketika saya swipe ke atas, maka yang tampil adalah SoundCloud, Pemutar Musik, dll.


Untuk mengatunya, pertama tarik ikon aplikasi yang sobat mau ke dalam folder seperti biasa.
Kemudian tekan lama pada folder lalu pilih Edit .
Dari sini, sobat dapat mengcustom ikon, nama, Swipe to open dan pengaturan Tap action .
Pilih Swipe to open,lalu dari menu drop-down Tap action, pilih item pertama dalam folder.

Untuk poin bonus, buat folder sobat jadi transparan juga, dengan membuka Nova Settings lalu masuk ke Folders > Background dan terakhir, geser Transparency ke 100 persen.

2. Swipe action pada aplikasi

Cara lain untuk menggunakan Swipe action yaitu untuk membuka aplikasi yang terkait dengan aplikasi lain. Misalnya, Saya telah mengatur ikon kamera untuk membuka aplikasi Galeri ketika saya swipe keatas, Atau dengan swipe di ikon aplikasi Google Calender untuk menambahkan pengingat. Atau bisa juga menggunakan trik ini untuk membuka Messenger dengan swipe ke atas pada ikon aplikasi Facebook.


Untuk mengatur trik ini sob, cukup tekan lama pada ikon, lalu pilih Edit
Tekan pada opsi Swipe action untuk memilih aksi atau tindakan yang sobat pilih.


3. Swipe action di home screen

Swipe action digunakan untuk memberikan perintah cepat dengan melakukan swipe (geser) di layar home. Dengan begitu sobat dapat menggunakannya untuk membuka app drawer (laci aplikasi), atau swipe dua jari ke atas untuk membuka pengaturan Nova dan swipe dua jari ke bawah untuk membuka Google Now, atau sobat atur sesuai dengan keinginan sobat.


Buka saja  Nova Settings
Masuk ke  Gestures & Input lalu lihat pada bagian Gestures 
Silahkan sobat tentukan fungsi Gesture mana yang mau dipakai

4. Ketuk 2x untuk mengunci layar (Double tap to lock)

Agar menghemat waktu untuk mengunci/mematikan layar sekaligus agar tombol power/lock ponsel sobat tidak cepat rusak, trik ini cukup penting sob.


Masuk ke Nova Settings
Tekan pada Gestures & inputs > Double tap lalu pilih Screen lock.  

Sekarang, jika sobat double tap pada layar home atau awal, ponsel sobat akan terkunci tanpa perlu pencet tombol kunci.

5. Gulir halus (Smooth scrolling)

Jika sobat menempatkan widget yang sama di beberapa layar launcher sobat dan menggunakan wipe scroll effect pada Nova Launcher, hal terseut akan menghasilkan efek scrool yang halus dan bersih


Untuk melakukan trik ini, tambahkan widget yang sama ke semua launcher screens sobat, dan kemudian buka Nova settings.
Buka  Desktop> Scroll effect  dan pilih  Wipe di dekat bagian bawah list.


Baca Juga


6. Tambah tab app drawer

Secara default di Android, app drawer hanya berisi satu halaman, tapi dengan Nova Launcher sobat dapat menambahkan tab tambahan yang dapat sobat geser ke kiri atau kanan dengan scroll. Beri nama tab sobat berdasarkan kategori, misalnya..., Internet, Musik, dan Game, dan isi dengan ikon aplikasi yang sesuai dengan kategori yang telah dibuat sehingga mempermudah sobat saat mencarinya.


Buka Nova Settings lalu pilih App & widget drawer.
Dari sini, pastikan Tab bar telah diaktifkan, lalu masuk ke Drawer groups.
Di halaman menu ini, sobat dapat menambahkan tab tambahan dengan menekan tanda plus (+) di pojok kanan atas.

Setelah selesai membuat tab, sobat dapat memilih apakah aplikasi hanya akan muncul di tab yang sobat letakan di dalam atau di tab aplikasi utama.

7. Gunakan emoji untuk label pada tab aplikasi

Memiliki tab app drawer aplikasi dapat membuat pengaturan lebih clean dan menarik dengan menggunakan emoji keyboard sob, bukan cuma kata-kata untuk labelnya.


Masuk ke  Nova Settings > App & widget drawers > Drawer groups
Tekan pada ikon pensil di sebelah tab apa pun.
Pada menu Edit , tekan pada nama tab. Pada keyboard, arahkan ke emoji yang sobat pilih.
Seperti sebelumnya, pastikan sobat mengaktifkan Tab Bar pada halaman menu App & widget drawers 

8. Ubah orientasi gulir (scrolling orientation)

Satu lagi trik yang menarik, yaitu beralih antara tampilan gulir vertikal dan horizontal di antara list aplikasi yang sobat miliki.


Untuk melakukan trik ini, cukup tekan dan tahan lama di mana saja di layar home atau awal.
Ketika menu pengaturan muncul di kanan bawah, tekan di atasnya.
Pilih App & widget drawers > App drawer style, lalu pilih tampilan mana yang sobat ingi gunakan.

9. Fitur eksperimental dan debugging

Tip terakhir ini untuk pengguna Nova Launcher profesional yang sudah ahli ngoprek. Yah, meskipun mungkin fitur ini jarang dipakai, tetapi mungkin ada gunanya buat sobat coba.



Sobat dapat mengakses menu rahasia yang berisi fitur eksperimental dan opsi debugging, dengan menahan tombol Volume (-) saat berada di Nova Settings

Setelah sobat menahannya selama satu atau dua detik, opsi baru yang disebut Labs akan muncul  di bagian bawah menu. Nah, mulai dari sini sobat dapat mengatur sesuai dengan keinginan sobat

Jika sobat merasa menu ini menakutkan dan bingung mau diapain, sebaiknya tekan lama tombol Volume (+) untuk menghilangkannya.

Download Nova Launcher Prime 5.5.3 Final Mod

Jika sobat sobat ingin menggunakan Nova Launcher yang versi pro/prime, silahkan gunakan link download yang sudah disediakan diatas

Artikel Menarik Lainnya: