Cara Kirim Foto Ukuran Penuh di WA (WhatsApp)

WhatsApp atau yang biasa orang sebut dengan WA saat ini merupakan aplikasi chat yang sangat populer karna mudahnya dalam menambah teman hanya dengan menyimpan nomor teleponnya. Dan selama ini pula, WhatsApp telah banyak meningkatkan fitur-fiturnnya. Meskipun sebelumnya hanya memungkinkan sobat untuk mengirim satu gambar dan video, sekarang sobat dapat mengirim lebih dari satu atau sekumpulan gambar sekaligus dengan sekali kirim.

Namun ada yang belum berubah, karna untuk transfer gambar yang efektif dan lebih cepat untuk dikirim, WhatsApp mengurangi resolusi atau ukuran gambar menjadi kira-kira sepertiga dari resolusi aslinya. Meskipun mungkin tidak banyak perubahan pada layar smarphone sobat, tapi gambar yang sobat kirim sebenarnya kehilangan sebagian besar detailnya terutama jika dibuka pada komputer atau gadget yang memiliki layar berukuran besar.

Hal ini tentu tidak terlalu masalah jika foto yang sobat kirim hanya dipakai untuk foto profil. Namun jika sobat ingin mencetaknya, maka kualitas gambar yang dihasilkan tentu akan kurang maksimal. Untuk itu disini kita akan membahas tips triknya

Cara mengirim foto ukuran penuh di WhatsApp

1. Lampirkan Sebagai File Dokumen

Umumnya jika kita akan mengirim gambar biasanya hanya perlu membuka galeri, memilih gambar lalu mengirimnya. Jika menggunakan cara ini maka seperti yang kita bahas sebelumnya, secara otomatis resolusi gambar akan diperkecil sebelum dikirim oleh aplikasi WA sehingga kualitas akan menurun sob.


Cara yang tepat adalah dengan mengirim gambar sebagai file dokumen yang akan membuat resolusi foto menjadi seperti apa adanya. Nah, caranya yaitu


Tekan simbol Lampiran >> Dokumen maka akan tampil semua file dokumen, file APK atau file Txt pada perangkat sobat. Dari sini, sobat pilih Browse other docs dan pilih folder Images.


Begitu masuk, silahkan sobat pilih folder yang berisi gambar yang ingin sobat kirim lalu pilih Send. Gambar terlampir akan menjadi ukuran file asli dengan resolusi penuh.



Baca Juga


2. Jadikan Archive Zip (Compress)

Tip di atas bisa dengan mudah sobat gunakan saat sobat memiliki beberapa gambar untuk dikirim dengan ukuran yang asli. Namun tentu ukuran gambarnya yang besar membuat pengiriman menjadi cukup lama.

Untuk mengurangi ukuran yang besar sebelum dikirim, sobat bisa meng-compressnya terlebih dahulu menjadi .zip. Untuk melakukannya sobat dapat menggunakan file explorer bawaan ponsel sobat atau bisa juga menggunakan Solid Explorer File Manager .

Jika sobat menggunakan Solid Explorer File Manager silahkan masuk ke folder yang gambarnya inngin sobat kirim lalu pilih gambarnya. Setelah selesai, tekan menu tiga titik di sisi kanan atas dan pilih Archive.


Setelah itu, pilih type menjadi ZIP lalu tekan Create. Proses pengarsipan mungkin memerlukan waktu beberapa detik.


Setelah proses zip selesai. Lalu lampirkan file zip sebagai dokumen seperti pada trik sebelumnya lalu kirim.

Artikel Menarik Lainnya: