5 Tips Mencari Powerbank Berkualitas (No Tipu!)

Tips Sebelum Membeli Power bank adalah apa yang harus sobat cari sebelum sobat membeli powerbank. Karena apa? karena harga powerbank tidak semurah tahu bulat sob.

Powerbank yang ingin sobat beli jelas tidak hanya untuk digunakan sehari atau dua hari, dan tentunya harapan sobat ketika ingin membeli powerbank, sobat ingin powerbank yang sobat beli nantinya bakalan awet.

Untuk itu, sobat harus pintar-pintar sebelum membeli powerbank yang berkualitas. Bagaimana tipsnya? Simak baik-baik dibawah ini.

5 Tips Mencari Powerbank Berkualitas


1. Kapasitas (mAh)
Atribut utama yang terkait pada sebuah power bank adalah kapasitasnya. Kapasitas ini diukur dalam Mili Ampere Hour yaitu mAH. sobat tidak dapat menghitung berapa kali powerbank tertentu dapat mengisi daya pada gadget sobat, tetapi aturan praktis adalah makin besar mAh, maka makin banyak buat mengisi ulang gadget.


Misalnya jika sobat memiliki powerbank berkapasitas 1500mAH, idealnya PB tersebut bisa untuk mengisi daya ponsel berkapasitas 1500mAH secara penuh 1x.

Contoh lain:
PB 1500mAh : ponsel - 1x Charge.
PB 5200mAh: ponsel - 3x Charge.
PB 9600mAh: ponsel - 4x Charge.

Intinya, semakin besar kapasitas daya powerbank (mAh), maka secara logika dapat semakin banyak untuk men-cas ponsel sobat.

2. Harga & Kualitas
Selain kekuatan baterai, satu hal lain yang dapat membantu sobat sebelum membeli sebuah powerbank adalah... harga dan kualitasnya!

Tips memilih powerbank yang baik sebernarnya sangat mudah sob. Be Smart Buyer - jangan mudah tergoda dengan harga murah tapi kapasitas wah!

Biasanya kapasitas powerbank bagi orang awam merupakan tolak ukur saat melihat stiker berisi angka (mAH besar) yang tercetak besar sebuah powerbank. Yah, sebernarnya tidak salah juga sih, jika PB yang sobat beli itu ori. Tapi nyatanya, banyak sekali buyer yang terpancing PB dengan mAh besar yang dibanderol harga super murah, eh.. ternyata palsu terus mewek..

Jangan mudah tergoda dengan sebuah PB 80.000mAh dengan harga Rp. 100.000 sob, itu pasti PB palsu! Sebagai contoh saja PB Asus dan Xiomi ORI dengan kapasitas 10.500mAh harganya sekitar Rp 200.000 an.

Hukum Mutlak: Ada harga ada barang!


3. Port USB (Colokan)
Port USB adalah lubang colokan yang bisa sobat gunakan untuk mengisi daya ponsel sobat. Sesuaikan lubang port USB sesuai dengan kebutuhan sobat, terutama jika sobat menggunakan powerbank untuk kebutuhan lebih dari 1 orang, sebaiknya beli powerbank yang memiliki port USB lebih dari satu.


Baca Juga


4. Ampere Port USB
Kecepatan dari pengisian daya ponsel tergantung pada besarnya ampere (USB out) sebuah Powerbank. Semakin besar ampere, maka semakin cepat pula ponsel sobat terisi hingga penuh.


5. Garansi
Garansi adalah hal terahir yang harus sobat pertimbangkan. Karna PB juga merupakan barang buatan manusia yang tidak mungkin sempurna, maka bisa saja dikemudian hari terjadi kerusakan karena kesalahan dari pabrikannya.

Selain itu, dengan adanya garansi, sobat dapat mengukur kualitas sebuah PB bahkan sebelum sobat menyentuhnya. Semakin lama masa garansi yang diklaim sebuah produk, maka logikanya semakin awet pula produk tersebut.

Untuk PB Ori bisanya akan memiliki garansi setidaknya 1 tahun. Dan untuk PB KW atau palsu, mau kasih garansi 1 minggu aja sudah untung-untungan sob.


Itulah tips yang dapat sobat gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli powerbank. Ingat sob, jadilah pembeli yang cerdas, jangan mau dikibulin sama barang murahan biar tidak menyesal dikemudian hari.

Artikel Menarik Lainnya: