Mengatasi Tidak Bisa Copy Text Pada Web (Anti Copy) - Chrome, Firefox dan Opera

Bagi sobat yang sedang mengumpulkan materi untuk bahan pembuatan laporan maupun tugas pasti sering sekali mencarinya di internet. Selain lebih banyak materi yang didapat, namun juga lebih mudah dalam mengambil data text yang ada jika dibandingkan dengan mengetiknya dari sebuah buku.

Namun adakalanya blog atau web yang sobat kunjungi ternyata memasang script atau plugin anti copy. Efeknya? Yups, sobat tidak bisa mengklik kanan untuk mengcopy text. Bahkan memblok pun juga tidak bisa sob. Setelah itu pasti sobat berpikir dalam hati, "Pelit amat nih orang, dimintain tulisan dikit aja gak boleh". Sebenarnya tujuan dari pemilik web/blog memasang script anti copy adalah untuk mencegah agar tulisannya tidak dicuri dan diposting oleh web/blog lain. Tau sendiri lah sob, menulis itu tidak segampang nyari upil. Tapi ya gitu deh, imbasnya juga kena ke sobat yang sedang mencari materi untuk makalah atau laporan juga.

Untuk mengatasi tidak bisa mencopy text pada web atau blog sendiri caranya banyak sob, mulai dari menyimpan halaman dalam bentuk pdf, mengcopy melalui inspect elemen, dan terahir dengan menggunakan plugin pada browser yang kalian gunakan.

Mengatasi Tidak Bisa Copy Text Pada Web (Anti Copy) - Chrome, Firefox dan Opera

1. Mengatasi Anti Copy dengan Menyimpan Sebagai file PDF

Dengan menyimpan halaman sebagai file pdf pada fitur print, maka otomatis text dan gambar yang ada pada halaman tersebut akan bisa sobat copy meskipun menggunakan plugin anti copy. Caranya sangat mudah sob.

1. Silahkan buka halaman web yang ingin sobat copy
2. Tekan CTRL + P (Print)

3. Ganti pengaturan penyimpanan halaman sebagai ke Save as PDF

4. Klik tombol Save

5. Halaman yang telah tersimpan sebagai file pdf sudah bisa sobat copy textnya


Baca Juga


2. Mengatasi Anti Copy Menggunakan Plugin (Extension)

Untuk mengatasi tidak bisa klik kanan pada web/blog karna script anti copy, sobat bisa memanfaatkan plugin yang telah disediakan pada browser, entah itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera DLL.


Browser Mozilla Firefox
1. Silahkan download plugin Enable Right Click and Copy for Firefox
2. Klik + Add to Firefox
3. Setelah terpasang silahkan aktifkan pluginnya


Browser Google Chrome
1. Silahkan download plugin Enable Right Click and Copy for Chrome
2. Klik + ADD  TO CHROME
3. Setelah terpasang silahkan aktifkan pluginnya

Browser Opera
1. Pertama Install plugin Install Chrome Extensions agar bisa menginstall plugin dari chrome
2. Kemudian install juga plugin Enable Right Click and Copy for Opera
3. Setelah terpasang silahkan aktifkan pluginnya


3. Mengatasi Anti Copy Melalui Page Source

Cara ini adalah cara super manual sob, karna tidak hanya text pada halaman saja yang muncul, tetapi juga bercampur dengan script web juga (xml, html, css, php dll). Dan kemudian sobat harus memilah apa yang mau dicopy. Kelemahan pada metode ini adalah gambar yang seharusnya muncul pada halaman hanya akan muncul dalam bentuk link saja. Jika sobat tetep nekat, caranya yaitu

1. Klik kanan pada halaman yang mau dicopy
2. Klik Page Source


3. Silahakn pilah-pilih text yang mau dicopy

Mudah kan sob. Sobat dapat memilih metode yang telah kita bahas diatas untuk mengatasi blog atau website yang memasang script anti copy. Namun, ada baiknya sobat ijin terlebih dahulu kepada pemilik web/blog tersebut sebelum mengcopy textnya biar lebih varokah. Gunakan dengan bijak ya..

Artikel Menarik Lainnya: