Cara Mengatasi RAM Cepat Penuh di Android dengan Tuntas

Punya smartphone yang sering lag dan lemot tentunya adalah hal yang sangat menjengkelkan. Hal tersebut pastinya akan sangat menggangu kenyamanan terutama pada saat sobat sedang bermain game atau hanya sekedar browsing.

Penyebab lemotnya smartphone, terutama smartphone Android umumnya disebabkan karena manajemen penggunaan RAM yang buruk. Ukuran RAM smartphone yang kecil atau karena sisa RAM yang tinggal sedikit karna terlalu penuh akan membuat sistem mengalami lag karena harus membagi memori untuk menjalankan aplikasi system maupun aplikasi yang sobat install secara bersamaan (multitasking).


1. Uninstall aplikasi yang tidak penting

Aplikasi yang jarang dipakai atau tidak penting selain dapat menyebabkan memori penyimpanan cepat penuh juga dapat membuat ram cepat penuh karena beberapa aplikasi tersebut mungkin saja berjalan di latar belakang (background).

2. Matikan aplikasi yang tidak dipakai

Salah satu alasan utama untuk penggunaan RAM yang tidak diinginkan adalah jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang terlalu banyak. Sementara sebagian memang mungkin diperlukan, tapi aplikasi yang tidak perlu dapat menguras sisa RAM. 

Salah satu metode untuk menghindari hal ini adalah dengan masuk ke Pengaturan di ponsel Android sobat dan secara manual mematikan aplikasi satu per satu. 

Setting >> Installed Apps >> Runing lalu tekan Stop



Matikan juga Autostart yang tidak perlu


Tutup aplikasi yang sudah tidak dipakai


Namun, yang paling ideal adalah menginstal Auto Memory Manager. Fungsi aplikasi ini adalah Ketika ketersediaan memori mulai menurun, aplikasi ini mulai menghentikan aplikasi yang telah terdaftar sebagai prioritas. Aplikasi yang sudah tidak aktif untuk waktu yang lama dan sekarang mulai mengganggu kinerja normal akan dimatikan terlebih dahulu. Untuk itu silahkan cari dan download Auto Memory Manager yang ada di playstore.



3. Batasi penggunaan widgets

Widgets adalah ekstensi yang disederhanakan dari aplikasi yang lebih besar yang diinstal pada perangkat android sobat. fungsinya yaitu untuk membiarkan sobat mengakses info dengan cepat tanpa membuka aplikasi dahulu. Widget kalender, jam, atau cuaca adalah contoh dari widget yang memberi sobat tampilan cepat. 

Meskipun sangat membantu, tapi ternyata juga mengkonsumsi sejumlah kecil memori tambahan, yang dapat menambahkan hingga menjadi ukuran besar ketika sejumlah widget tersebut terbuka di perangkat sobat. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan widget dapat mencegah RAM terlalu terbebani.


Baca Juga


4. Hindari menggunakan Live Wallpaper

Akuarium ikan berwarna-warni yang ramai dengan aktivitas dan ikan atau air terjun yang mengalir memang menyenangkan untuk ditonton. Menyeting wallpaper ponsel memang bisa membuat ponsel sobat lebih menarik. Namun, hal ini akan membuat RAM ponsel sobat sangat terbebani. Menggunakan wallpaper statis (diam) dapat menjadi solusi yang baik jika sobat ingin memberi RAM ruang yang lebih lega.



5. Hindari menjadikan ponsel sobat sebagai hotspot Wi-Fi

Internet telah menjadi kebutuhan vital bagi semua orang, termasuk mimin. Baik itu laptop, ponsel atau tablet sobat, semuanya harus terhubung ke internet agar bisa browsing atau ngegame online. Menjadikan ponsel sebagai hotspot wifi dapat membuat beban yang berat pada prosesor dan RAM ponsel sobat. Untuk itu sebaiknya menggunakannya ketika benar-benar diperlukan, atau gunakan saja modem atau Mifi (modem wifi)

6. Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi Sosial Media

Aplikasi sosial media seperti BBM, Mesangger, WA, Instagram dll saat ini sangat populer dikalangan pemngguna smartphone karna dapat membuat penggunanya saling berhubungan didunia maya.
Aplikasi sosmed tersebut juga mungkin bisa dikatakan mulai menggeser fungsi dari sms dan telepon konvensional yang dulu tidak tergantikan.

Msekipun memang Aplikasi sosial media sangat membantu sobat, namun nyatanya aplikasi semacam ini sangat memberatkan RAM pada ponsel sobat. Faktor utamanya yaitu aplikasi ini selalu bekerja secara terus menerus dibel
akang layar (background) dan akan langsung aktif ketika pertama kali ponsel dihidupkan (autostart).



Oleh karena itu, sebaiknya jangan install aplikasi sosial media banyak-banyak. Pilih saja yang paling penting menurut sobat. Jika memang seandainya harus menginstall aplikasi tersebut, pilih yang versi Lite. Contoh Mesengger Lite

Artikel Menarik Lainnya: