Cara Browsing Menggunakan Kamera di Android (Scanner)


Google atau yang akrab kita sebut dengan sebutan 'Mbah Google' merupakan salah satu mesin pencari yang mempermudah berbagai aktivitas keseharian kita. Bagaimana tidak, karna hampir semua pertanyaan yang kita tanyakan kepada 'si Mbah' ini pasti dapat terjawab. Sungguh si mbah yang satu ini memang sangat sakti.

Kehandalan mesin pencari (search engine) Google ini bisa sangat sakti karena banyaknya database yang tersimpan, database ini berupa index artikel yang telah didaftarkan oleh berbagai website diseluruh dunia. Dan dengan kata kunci tertentu atau keyword, maka artikel dari berbagai web akan muncul di halaman pencarian google.

Umumnya untuk melakukan pencarian di google kita membutuhkan sebuah web browser. Web browser ini macan-macam sob, contohnya seperti Chrome, Opera, UC Web. Mozilla Firefox dan lain sebagainya. Jika sobat browsing menggunakan browser tersebut maka sobat perlu mengetik sesuatu untuk melakukan pencarian. Namun dengan perkembangan zaman, khususnya era Smartphone, maka browsing pun sekarang dapat dilakukan menggunakan kamera sebagai medianya.

Cara browsing menggunakan kamera dapat dengan mudah sobat lakukan di smartphone Android sobat. Nah, kamera pada smartphone sobat ini yang nantinya akan menggantikan web browser dan keyboard untuk melakukan pencarian di Google. Sobat dapat menggunakan kamera untuk melakukan searching, dan caranya pun sangat mudah karna proses yang perlu sobat lakukan tidak bebeda jauh dengan memotret biasa.

Cara Browsing Menggunakan Kamera di Android


Untuk browsing menggunakan kamera, sobat membutuhkan aplikasi Goggles di Google Playstore. Ukurannya sangat kecil (2Mb) dan dijamin gratis oleh ITB dan IPB sob. Jadi kalian tidak perlu kuatir untuk mendownload aplikasi ini.
Jika aplikasi Goggles tadi sudah terinstall, jika muncul popup, untuk melanjutkan proses maka tekan Next, Next, Next saja sob.


Cara browsing menggunakan Goggles dapat sobat lakukan dengan mengarahkan kamera smartphone sobat ke objek yang ingin disearching kemudian tekan Tombol Kamera. Kemudian setelah proses Analyzing maka akan muncul hasil pencarian dibagian bawah. Untuk melakukan pencarian lebih lanjut di Google, pilih hasil yang muncul tadi.




Baca Juga


Cara menyalin text pada buku menggunakan kamera android (scanner)

Selain dapat digunakan untuk melakukan pencarian, aplikasi Goggles ini juga dapat sobat gunakan untuk menyalin teks yang ada pada gambar. Dengan begitu, sobat dapat menggunakan kamera smartphone android sobat sebagai scanner. sobat dapat menggunakan kamera untuk menyalin text pada buku ataupun objek yang memiliki text.


Untuk menyalin text pada buku atau gambar menggunakan kamera smartphone android caranya pun sama dengan yang sudah kita bahas diatas. Sobat hanya perlu membuka aplikasi Goggles lalu mengarahkan kamera ke buku atau gambar text dan tetew.. text sudah tersalin. Nah, artinya dengan aplikasi ini sobat juga dapat membuat kamera android sebagai scanner juga sob.

Sekian yang dapat admin sampaikan pada postingan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat.

Artikel Menarik Lainnya: