Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Membuat Aplikasi Windows 7, 8, 10 Selalu Terbuka Full Screen (Maximize)

Jellykom.com - Pada seting bawaan, jendela pada OS Windows akan membuka aplikasi yang terinstall dalam ukuran jendela "Normal", yang berarti dimensi atau ukuran yang tampil tidak akan memenuhi seluruh layar. Sebenernya kita memang dapat dengan mudah memaksimalkan ukuran jendela dengan mengklik ikon maximize di pojok kanan atas untuk memaksimalkan ukuran jendela. Namun tidak sedikit user yang tidak suka harus mengulangi tindakan seperti ini tiap kali membuka suatu aplikasi, terlebih aplikasi yang sering dipakai.

Lalu bagaimana cara membuat Windows sobat membuka aplikasi dalam mode layar maksimal? Gampang kok, tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini. Dan Trik ini bisa work hampir disemua versi Windows mulai dari Windows XP, 7, 8 atau Windows 10.

Tahap 1 -  Buka Properties Pada Aplikasi Yang Diinginkan

Sebelum sobat dapat membuat layar aplikasi jadi penuh tiap kali dibuka, sobat harus mengakses jendela Properties pada aplikasi tersebut. Ada dua proses yang bisa sobat gunakan, tergantung dari lokasi shortcut aplikasi yang ingin diseting.


* Melalui Icon Desktop: Langsung saja Klik kanan ikon shortcut aplikasi yang diinginkan lalu pilih Properties dari menu drop down yang muncul.


* Melalui Icon Taskbar: Klik kanan ikon shortcut di taskbar, lalu klik kanan lagi terus pilih ikon aplikasi itu sendiri sehingga akan muncul menu.


Kemudian pilih properties.


Tahap 2 - Cara Membuat Aplikasi Windows Selalu Terbuka Full Screen (Maximize)

1. Pada menu Properties, klik saja tab Shortcut ( A ).


2. Pada bagian 'Run:', lalu klik panah bawah.
3. Pada menu dropdown yang muncul, pilih Maximize ( B ).
4. Klik Apply ( C ), lalu klik OK ( D ).



Baca Juga


Mengapa Aplikasi Tidak Mau Terbuka Maximize atau Full Screen?

Jika trik diatas masih tidak work, silahkan coba beberapa alternatif yang mungkin bisa membantu dibawah ini
  • Buka aplikasi yang diinginkan, lalu klik ikon Maximize di sudut kanan atas, lalu tutup aplikasinya. Buka kembali aplikasi untuk melihat apakah aplikasi tersebut dapat terbuka full.
  • Buka aplikasi yang diinginkan, klik ikon Maximize di sudut kanan atas. Kemudian, tekan dan tahan tombol Ctrl kemudian tutup aplikasi. Buka kembali aplikasi tersebut untuk melihat apakah aplikasi itu bisa terbuka full.
  • Terkadang Ada beberapa aplikasi yang memang telah diseting oleh developer untuk tidak tampil secara fullscreen. Untuk hal seperti ini sobat harus menyerah. Mungkin itu sudah takdir yang maha kuasa.
Meskipun mengklik maximize tidak terlalu sulit, pasti akan sedikit membuang waktu berharga sobat. Dengan menseting seperti trik diatas, sobat tidak perlu lagi harus mengklik maximize tiap kali membuka aplikasi sobat. Sekian, semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar