--> Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Menampilkan Kecepatan Internet (Bandwidth) di Taskbar Windows dengan NetSpeedMonitor

Mungkin tidak semua orang beruntung memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat terutama yang jauh dari kota. Dan beberapa lagi dari kita yang merasa hidup di kota yang ditunjang dengan akses internet namun laptop/komputer yang kita gunakan tiba-tiba lemot internetnya. Sobat pasti akan bertanya-tanya apakah peyebab lemot itu dari aplikasi atau jaringan. Untungnya sekarang sudah ada banyak tools untuk mengukur kecepatan internet yang bisa sobat gunakan untuk memantau bandwidth di PC sobat.

Aplikasi yang satu ini akan menunjukkan kecepatan unggah (upload) dan unduh (download) saat pada jaringan sobat. Dengan aplikasi tersebut, sobat dapat dengan mudah mengetahui kapan kecepatan internet turun atau seberapa besar bandwidth yang digunakan PC sobat. Bagi sobat yang biasa memantau bandwidth internet pada smartphone pasti akan merasa lebih familier jika ada fitur seperti ini.



Sementara Windows 10 dilengkapi dengan alat pemantauan bandwidth asli, ia tidak menawarkan alat untuk memonitor kecepatan internet. Jika sobat mencari cara untuk menunjukkan kecepatan internet di taskbar, sobat telah datang ke tempat yang tepat.

Nah, pada posting ini admin akan membantu sobat memonitor kecepatan internet sobat di PC sobat. Aplikasi yang akan kita gunakan pada tutorial kali ini adalah NetSpeedMonitor.  Aplikasi ini 100% gratis dan ukurannya sangatlah kecil dan support muldai dari Windows xp, Windows 7, Windows 8/8.1 maupun Windows 10.

Meskipun pada awalnya aplikasi NetSpeedMonitor ini dirancang untuk berjalan pada Windows Vista, XP, dan 7. Namun, untuk menginstalnya pada Windows 8 dan Windows 10 akan membutuhkan sedikit pengaturan tambahan dengan yaitu dengan mengaktifkan Compatibility mode saat instalasi. Tapi jangan khawatir sobat, admin juga akan menyertakan langkah-langkahnya secara rinci disini.

Langkah-Langkah Menampilkan Kecepatan Internet di Taskbar Windows

Langkah 1: Langkah pertama adalah mendownload NetSpeedMonitor. Silahkan sobat download sesuai dengan spesifikasi windows sobat apakah 32bit atau 64bit. Jika sobat tidak tau, silahkan sobat pilih versi x86 atau 32 bit saat mendownload. Kemudian silahkan sobat install seperti biasa hingga selesai.



Note: untuk windows XP dan 7 langsung ke langkah 5

Untuk windows 8 dan 10 membutuhkan sedikit langkah khusus karna akan muncul notifikasi bahwa aplikasi tidak support.

Langkah 2 : Klik kanan pada file setup NetSpeedMonitor.exe lalu klik kanan dan pilih Properties.

Langkah 3 : pada menu Properties silahkan klik pada tab compatibility. Lalu centang kotak di sebelah 'Run this program in compatibility mode for' dan menu dropdown akan menampilkan 'Previous version of Windows' Tekan Ok untuk menyimpan perubahan.



Langkah 4 : Kemudian install file setup NetSpeedMonitor.exe seperti biasa dan ikutin langkah instalasi hingga selesai

Baca Juga

Langkah 5: Setelah selesai melakukan instalasi, sobat tidak akan langsung melihat kecepatan internet di taskbar sobat. Untuk awal, sobat harus mengaktifkan program tersebut terlebih dahulu.

Caranya yaitu, klik kanan di mana saja pada taskbar dan tekan opsi yang muncul pada Toolbar lalu pilih NetSpeedMonitor.



Segera setelah sobat mengaktifkannya, sobat akan melihat kecepatan upload (U) dan download (D) yang muncul di taskbar sebelah kanan.

NetSpeedMonitor Tidak Menampilkan Kecepatan Internet?

Jika NetSpeedMonitor pada PC sobat meter macet di angkan nol, silahkan sobat klik kanan pada NetSpeedMonitor laluh pilih Configuration.



Pada menu NetSpeedMonitor yang terbuka, ubah Network Interface ke opsi yang lain lalu klik Ok. Mudah-mudahan indikator kecepatan bisa berfungsi sekarang. Jika masih tidak berfungsi, ulangi proses dan pilih opsi yang lainnya.

Tips Tambahan 

Untuk mengganti satuan kecepatan internet yang digunakan, silahkan merubahnya pada Configuration >> General >> Bitrate lalu pilih menu dropdown. Kecepatan yang biasa kita pakai adalah KiB/s, namun sobat juga bisa memilih standar yang lain.

Jika sobat ingin menghilangkan simbo U dan D pada taskbar karna mengganggu atau memakan tempat. Silahkan menghilangkannya dengan menghapus huruf tersebut pada menu Layout.

Sekian tips atau cara untuk menampilkan kecepatan internet di taskbar windows sobat. Semoga dengan tips ini sobat bisa lebih mudah memantau aliran bandwitdh sehingga sobat lebih mudah untuk memanajemen aplikasi yang lebih membutuhkan innternet.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar