Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Simpel Mengatasi Double Click dan Tidak Bisa Klik Pada Mouse


Mouse adalah salah satu komponen penting dalam sebuah paket personal komputer (PC), dimana fungsi alat yang satu ini adalah sebagai input device untuk menggerakan dan mengklik sebuah kursor. Bahkan tidak hanya PC, sebagian besar pengguna laptop di tempat kerja admin pun juga menggunakan mouse karena penggunaanya lebih mudah dan leluasa bila dibandingkan dengan mouse pad pada laptop.

Salah satu kerusakan mouse yang paling sering setelah digunakan beberapa bulan adalah biasanya mouse sering sekali double klik, padahal kita hanya mengklik satu kali. Sangat menjengkelkan memang karna jika kita melakukan double clik tanpa sengaja banyak hal yang bisa terjadi, seperti membuka file tanpa dikehendaki ataupun gagal melakukan seleksi.

Masalah umum yang terjadi pada klik mouse yang bermasalah:

  • Tidak bisa klik 
  • Double klik 
  • Tidak bisa hold saat seleksi data/file

Ketiga masalah diatas sebenarnya sangat mudah untuk diatasi, tanpa sobat perlu beli mouse baru yang harganya lumayan tentunya. Sobat hanya perlu beberapa alat sederhana dan sedikit skill. Tidak perlu kuatir sob, trik yang akan kita lakukan kali ini admin pastikan semua orang bias kok. Oke mari kita mulai...

Baca juga: 10 Trik Mouse Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Alat Yang Dibutukan

Alat yang kita butuhkan pada experimen kali ini adalah obeng kecil dan cutter/pisau. Ingat sob pisau ya, jangan pakai golok.


Cara Service Mouse

Siapkan mouse yang hendak sobat perbaiki.

Kemudian buka baut yang ada dibagian bawah mouse. Umumnya hanya ada 1 buah baut, meskipun beda merek mouse biasanya cara bongkarnya hampir sama. Apabila bebeda, sobat bisa berimprovisasi yang penting mouse bisa dibuka.


Baca juga: 11 Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui dan Dihafalkan

Setelah mouse berhasil dibongkar, penampakannya kurang lebih seperti ini. Sobat hanya perlu fokus dengan micro switch yang berfungsi sebagai tombol klik mouse.


Lepas Roller scroll kemudian angkat papan pcb mouse untuk mempermudah proses perbaikan.


Bongkar micro switch/tombol mouse yang akan diperbaiki dengan mencongkel pengunci yang ada di sisi kanan dan kiri dengan perlahan. Setelah berhasil dibongkar, penampakannya kurang lebih seperti dibawah ini.


Lepas plat kuningan pada micro switch dengan menggesernya kesamping.

Bersihkan bagian yang dilingkari dibawah ini dengan menggosoknya menggunakan cutter/pisau hingga bagian yang kotor/gosong menjadi bersih dan kinclong.



Bersihkan juga pada bagian ini seperti cara diatas.


Pasang kembali semua yang tadi dibognkar seperti semula dan rasakan hasilnya.

Sangat mudah bukan. Hanya dengan alat dan trik sederhana sobat dapat membuat mouse yang susah di klik atau malah double klik menjadi normal. Penyebab utama masalah diatas biasanya hanya karna komponen micro switch kotor sehingga sinyal listrik tidak bisa terhubung/terhalang saat mouse di klik, maka dari itu hanya dengan membersihkan lempengan kuningan pada micro siwtch dapat membuat fungsi mouse normal seperti sediakala. Selamat mencoba, semoga bermanfaat

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar