Cara Batasi Pengguna Hotspot Tethering Android

Saat ini internet bukanlah hal yang dianggap mewah seperti zaman dahulu, bahkan bisa dibilang telah menjadi barang umum. Dengan internet kita bisa browsing berbagai informasi atau sekedar chat melalui jejaring sosial.

Untuk mendapatkan akses internet pada Android selain menggunakan paket data, sobat juga bisa membagi akses internet menggunakan media wifi. Fitur untuk membagi jaringan internet bisa juga disebut Hotspot atau Hotspot Tethering.

Dengan menggunakan Hotspot Tethering, sobat bisa menggunakan Android sebagai 'modem' untuk memberikan akses internet ke ponsel lain atau laptop.

Namun, adakalanya saat sobat melakukan Hotspot Tethering melalui Android sobat, terkadang ada pula orang yang tanpa seizin sobat ikutan nebeng di jaringan wifi sobat. Dampaknya yang jelas, kecepatan internet menjadi lambat dan kuota pun cepat habis. Untuk itulah perlunya memberikan batasan pengguna hotspot tathering.

Untuk memberi batasan pengguna Hotspot Tethering di Android ada dua cara, yaitu

  1. Memberikan password pengaman
  2. Memberi limit pengguna
Untuk memberikan password Hotspot Tethering yaitu dengan masuk ke Setting > Personal Hotspot > Set up portable hotspot. Kemudian aktifkan WPA/WPA2 lalu berikan password.



Baca Juga


Sedangkan cara untuk memberi limit atau batas pengguna Hotspot Tethering di Android , sobat bisa mengikuti tri dibawah ini

1. Masuk ke Setting > Personal Hotspot atau dengan menekan toogle Hotspot selama beberapa detik


2. Pilih Connected devices. Kemudian masukan limit atau jumlah batasan pengguna yang diizinkan.


Dengan memberikan batasan pengguna tethering yang bisa mendapatkan akses internet di jaringan sobat, sobat bisa mencegah orang lain yang gak mau modal dan suka ikut nebeng internetan gratis.

Artikel Menarik Lainnya: