Trik Agar Email Otomatis Terhapus di Gmail Terbaru

Email merupakan jenis surat yang dikirim dan diterima secara elektronik. Tidak jauh berbeda dengan surat yang dikirim melalui kantor pos. Tapi karna perkembangan internet yang semakin maju, kini mengirim email leih populer dibanding mengirim surat.

Salah satu layanan email yang paling populer didunia dan memiliki fitur terbaik adalah email milik perusahaan Google, yaitu Gmail. Terbukti beberapa waktu yang lalu Gmail telah menambahkan fitur baru, salah satunya adalah confidential mode.

Fitur confidential mode ini memungkinkan sobat untuk memberi batas waktu untuk membuat email dapat otomatis terhapus sendiri atau memiliki waktu kadaluarsa (expired). Selain dapat membuat otomatis terhapus, fitur confidential mode juga membuat email yang diterima menjadi tidak bisa diteruskan, dicopy dan didownload. Jadi, saat sobat menyisipan sebuah file apapun, maka file didalam email tersebut hanya bisa dilihat (preview only).

Dengan dibatasinya akses untuk forward, copy dan download, maka file yang sobat sisipkan akan menjadi lebih aman dan tidak disalah gunakan oleh si penerima.

Nah, jika sobat tertarik untuk membuat email yang otomatis terhapus silahakn ikuti trik dibawah ini.

Cara Mengirim Email Otomatis Terhapus di Gmail

1. Untuk membuat email otomatis terhapus, sobat harus mengaktifkan fitur Gmail yang baru baru dengan mengklik ikon Gir lalu pilih Try the new Gmail


Baca Juga


2. Kemudian buat email baru dengan mengklik +Compose
Tambahkan lampiran atau attach file seperti biasa


3. Kemudian klik ikon Gembok-Jam seperti gambar dibawah ini


4. Atur Waktu kadaluarsa (1 hari, minggu, bulan) dengan memilih SET EXPIRATION  kemudian klik Save


Sebenarnya, selain memiliki fitur expired, ada pula fitur untuk memberikan passcode melalui SMS. Namun sayangnya untuk saat ini (26 Mei 2018), fitur tersebut masih belum bisa dinikmati di Indonesia. Mungkin masih dalam proses karna baru beberapa hari fitur ini diluncurkan.

5. Terakhir, klik Send untuk mengirim email.


Sangat mudah kan sob untuk mengirim email otomatis terhapus di Gmail. Nah, dengan begitu sobat dapat menjaga agar pesan sobat menjadi lebih aman.

Namun sayangnya, untuk membuat Email Otomatis Terhapus di Gmail untuk saat ini hanya bisa dilakukan di browser desktop. Saat admin coba melalui browser di Android, ternyata tidak bisa. Di aplikasi Gmail pun juga belum ada. Ah.. Sudahlah...

Artikel Menarik Lainnya: