Skip to main content
Jellykom Blog

follow us

Cara Konversi File PDF ke ePub dan MOBI pada PC dengan Mudah

Ada banyak buku, file, jurnal, ataupun artikel yang hanya ditemukan dalam format PDF karena sudah lebih dahulu populer dibanding ePub maupun MOBI. Namun, dengan munculnya smartphone, ePub dan MOBI menjadi semakin populer karena memiliki fitur yang lebih lengkap, lebih dari sebuah text dan gambar.

Format file EPub, atau Mobi, telah mendukung audio, video, dan interaktivitas tertanam lainnya, dan sobat pun juga dapat mendowload dan membaca file di smartphone atau PC sobat. File ebook MOBI atau Mobipocket, dapat menyimpan buku digital dan juga mendukung fitur bookmark, menambahkan catatan atau koreksi, border, dan JavaScript.

Cara Konversi File PDF ke Format ePub

Untuk mengkonversi PDF ke file ePub, sobat mmembutuhkan ebook converter. Ada beberapa aplikasi konversi file yang dapat sobat gunakan secara online, tapi ada juga aplikasi desktop yang dapat membantu sobat dalam hal ini.

Jika sobat menginginkan aplikasi konversi ebook melalui pc secara offline, sobat dapat menggunakan aplikasi Calibre. Calibre merupakan aplikasi open-source sehingga dapat sobat download secara gratis. Langkah-langkah konversi File PDF ke Format ePub dapat sobat lihat dibawah ini:

1. Buka Calibre di komputer sobat lalu klik "Add books" sobat dapat menambahkan lebih banyak buku dengan memilih opsi dari panah di bawah "Add books"


2. Buka file PDF yang ingin sobat konversi ke ePub dengan mengklik Open.


3. Kemudian klik "Convert Books"


4. Kotak dialog Konversi akan muncul, kemudian sobat klik panah bawah di sebelah format Output dan pilih EPUB.



5. Lakukan pengeditan yang diperlukan pada bagian judul (title), penulis (author's), dan metadata PDF, serta tag. Klik OK setelah sobat selesai menambahkan detail ini atau bisa sobat abaikan saja. Sobat juga dapat memformat jarak paragraf dan ukuran font dokumen dengan mengeklik “Look & feel”

6. Di panel kiri, di sebelah Format, klik panah dan pilih EPUB.


7. Pilih file ePub sobat dan pilih panah bawah di sebelah melihat. Kemudian buka file dengan mengklik "View with Calibre e-book viewer."


8. Klik Halaman Berikutnya juga Halaman Sebelumnya untuk memeriksa output dari file ePub. Setelah sobat selesai dengan ini, tutup menu viewer untuk kembali ke library.


9. Klik kanan file ePub sobat pada library aplikasi Calibre dan pilih "Open containing folder" sehingga sobat dapat menemukan file tersebut disimpan setelah selesai proses konversi.



Cara Mengonversi File PDF ke Format MOBI

Mengubah file PDF sobat ke format MOBI juga memerlukan aplikasi konversi. Sobat dapat menggunakan file ePub yang sobat konversi dari PDF pada langkah sebelumnya dan mengonversinya menjadi MOBI menggunakan Calibre.

Atau, sobat dapat memilih konverter PDF yang berbeda secara online dan mengonversi dari PDF ke MOBI secara langsung. Dalam kasus ini, admin menggunakan konverter online yaitu PDF2MOBI. Sobat bisa menggunakanya secara gratis, dan sobat dapat mengupload hingga 20 file PDF, plus antarmuka penggunanya cukup sederhana.


Baca Juga


Untuk melakukan konversi file PDF ke format MOBI, silahkan sobat ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka browser sobat dan buka situs web www.pdf2mobi.com/ . Klik "Upload File," pilih file PDF dari komputer sobat, kemudian klik dan tunggu sampai file berhasil diupload.


2. Kemudian Klik download. web ini akan mulai mengubah format file PDF sobat ke format MOBI.



Mengonversi ePub ke MOBI

Nah, apabila tiba-tiba sobat ingin mengonversi PDF ke ePub dan sekarang menginginkannya dalam format MOBI, sobat dapat menggunakan Calibre untuk melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka Kaliber dan klik "Add Books"


2. Di kotak dialog Select books, cari file ePub yang ingin sobat konversi lalu klik Open untuk menambahkannya ke library.


Oh iya, sobat dapat mengklik "Edit Metadata" untuk mengubah sampul depan ebook seperti judul, penulis, tag, penerbit, dan kotak teks lainnya jika sobat mau.

3. Klik OK untuk kembali ke library, kemudian klik "Convert Books"


4. Klik format Output, pilih MOBI dan kemudian klik OK.


5. Klik Format lalu pilih MOBI untuk menemukan file yang baru saja sobat konversi, lalu pilih dan klik "Save to disk" untuk menyimpan file ke PC sobat.


Setelah file sobat berubah menjadi format MOBI, sobat dapat membacanya di smartphone selama mendukung format tersebut. Jika sobat memiliki aplikasi Amazon Kindle ataupun EPUB Reader, sobat dapat membaca file MOBI dari Windows, Mac, dan smartphone.

Masalah dengan Hasil Pemformatan dan Konversi yang Buruk

Idealnya, jika sobat berniat membuat file PDF yang nantinya akan dikonversi dengan baik ke format ePub atau MOBI, langkah yang harus sobat lakukan untuk menghindari permasalahan tersebut yaitu:

  • Gunakan gaya pemformatan bawaan untuk headings, bulleted or numbering, rata kanan-kiri paragraf (alligment), page breaks, page orientation, and juga font.
  • Gunakan gambar sebaris (inline images) di mana ada teks di atas atau di bawah gambar alih-alih membungkus gambar.
  • Gunakan format JPEG atau PNG untuk gambar yang ingin sobat gunakan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar